Tanya Jawab Olah Gerak kapal

1. OPEN MOOR : sistim berlabuh dengan 2 (dua) jangkar haluan, dimana arus dan angin satu arah dan sangat kuat.

Alasannya :
-          bila arus dari arah yang tertentu dan tidak dapat berubah.
Kerugiannya :
-          kemungkinan besar kapal lain akan tersangkut rantainya
-          olah gerak susah
-          waktu berangkat lama.
Gambar :
 


2. Uraikan OG  yang digunakan untuk menyelamatkan "  Orang jatuh ke laut dengan cara “Scharnow Turn “ sebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi pada cara tersebut (dengan gambar)

Jawab:
Misalnya kita sedang berhaluan utara. Kalau ada orang jatuh kelaut disisi kanan. Kemudi cikar kanan. Setelah haluan berubah 240˚dari haluan semula, kiri cikar. Pada saat kapal berhenti berputar dan kapal mulai berputar ke kiri, lihat haluannya umpamanya 270˚ artinya 30˚ angle
Setelah haluan berlawanan dengan haluan +30˚ = ± 210º (180 + 30), kanan cikar saat kapal stop bergerak lalu melakukan olah gerak untuk menolong korban yang jatuh ke laut.
 
3. Sebuah kapal yang sedang sandar pada dermaga A, bermaksud utk dipindahkan sandar kanan di B.
Jelaskan tahap-tahap pelaksanaan olah geraknya.
Jawab :
                   


1. Bila tidak ada bantuan tunda dan kapal dianggap sandar kiri.
2. Buka buritan dengan spring depan, lalu mundur setengah / penuh sesuai kebutuhan.
3. Oleh pengaruh mesin mundur dan pukulan arus diburitan kanan, maka kapal mendapatkan posisi 3
4. Stop mesin maju pelan dan sandar kanan sejajar dermaga, mesin mundur, stop haluan kekanan kirim tali.

4. Apabila gejala-gejala yang timbul bagi kapal yang berlayar tidak tepat pada suatu alur yang sempit dan dangkal, hukum apakah yang menimbulkan gejala-gejala tersebut dan apa inti dari hukum tersebut serta bagaimana cara-cara untuk mengatasi gejala-gejala yang dimaksud ?
Jawab :

- Timbul gejala Bank Effect dr hukum Bernoulli, inti hukum
Bernoulli , media mengalir melalui pipa dan mengalami penyengetan, maka tekanan & kecepatan bertambah.
ara mengatasinya :
Bila menyusul sisi kanan lalu 
Buritan kanan terhisap ketepi

Sehingga haluan kekiri maka
1.Kemudi cikar kanan                        
2.Mesin tambah kekuatannya
3.Bila perlu jangkar kiri letgo 1.5 x kedalaman air
   


5. Jelaskan persiapan peralatan serta tahap-tahap pelaksanaan olah gerak kapal untuk menaikkan seorang pilot (pandu) pada malam hari, secara (dengan gambar)

Jawab :

1.     Nyalakan lampu pandu.
2.     Nyalakan lampu deck & lampu sorot kelokasi tangga.
3.     Siapkan tangga pandu dengan jarak dari air sesuai permintaan pandu.
4.     Dengan combination ladder jika kapal free board ≥ 9mtr
5.     Siapkan pelampung dengan safety lamp , safety line.
6.     Perwira jaga jemput pandu dilengkapi handy talky.

  .


 

Olah geraknya :
- Kapal bergerak dengan kecepatan aman sesuai dengan permintaan pandu
- kapal bergerak ke titik “Pilot boarding point”.
- Kapal diarahkan untuk menempatkan boat pandu dibawah angin sesuai arahan pandu dengan hati-hati terhadp traffic di sekitarnya.
- Kapal siap terima pandu dengan selamat dengan seorang perwira siap di tangga pandu siap memberi bantuan & pertolongan yang dibutuhkan dan lakukan komunikasi keanjungan (ke nakhoda).

           











Post a Comment

Previous Post Next Post