1. a. Jelaskan apa yang di maksud dengan IAMSAR
IAMSAR ( International Aeronautical & Maritime Search and Rescue) yang di terbitkan kerja sama dengan ICAO & IMO Suatu pencarian & perlongan internasional melalui pesawat Udara & kapal laut.
b. Perbedaan EPIRB & ELT:
-EPIRB ( Emergency Position Indacating Radio Beacon): Sebuah alat untuk mentransmit Distress Alerting Signals melalui Satelit (406MHz) COSPAS-SARSAT, INMARSAT 1.6 GHz, Air craft homing signal on 121.5MHz
-ELT ( Emergecy Locator transmit) : Alat untuk mentransmit posisi darurat yang dapat terditeksi oleh Pesawat udara.
2. Sebutkan signal - signal yang disampaikan sesuai dengan kepentingan masing-masing berikut ini:
a. Distress Signal: May Day 3x
Distress Signal:Ada 3 macam Distress Signal :
1. Radio Signals:
-Isyarat yang dikirim dengan radio telephone yang terdiri ucapan kata-kata “MAY DAY”
-Isyarat (SOS) : Dengan Radio Telegrafi dalam kode Morse.
-Isyarat Alarm Radio telephoni terdiri dari dua nada
2. Visual Signal
-Isyarat asap yang berwarna jingga
-Perling payung roket atau perling tangan yang memperlihatkan cahaya merah.
-Isyarat Bendera bujur sangkar dengan bola diatas atau dibawahnya.
3. Sound Signal
-Mebunyikan alat isyarat kabut secara terus menerus
-Isyarat tembakan atau isyarat ledakan yang di tembakkan dgn
-Selang waktu kira-kira satu (1) menit.
-Isyarat SCS dalam morse dengan menggunakan Whistle, Bell atau FogHorn.
b.Urgency Signal:
Pan Pan.3 x Berita-berita yang bersifat Urgent yang berhubungan kapal, Pesawat udara, Manusia.
Misalnya, MOB, Kerusakan Mesin induk dan lain-lain.
C.Safety Signal:
Security 3 x. Berita-berita penting tentang bahaya navigasi atau Meteorologi untuk keselamatan kapal.
3.Utk menolong orang jatuh kelaut (Person Over Board), dikenal 3 situasi
a. Immediate Action
b. Delayed Action
c. Person Missing Action
Jelaskan Perbedaan operasi SAR-nya.
a. Immediate Action: Tindakan yang diambil dengan segera apabila diketahui dari anjungan Orang jatuh Kelaut.
b.Delayed Action: The person is reported to the bridge by an eyewitness and action is initiated with some delay.
c. Person Missing Action:
adalah tindakan yang dilakukan setelah menadapat informasi dari crew kapal yang lain bahwa ada crew yang hilang. Hal ini di ketahui setelah orang tersebut tidak keliatan selama 24 jam dan telah dilakukan pengecekan di seluruh sudut kapal
4.Jelaskan dgn gambar cara olah gerak kapal menolong orang jatuh ke laut.
a. Williamson Turn
1.Saat orang jatuh disisi kanan, kemudi kanan cikar.
2.Ketika perubahan haluan menujukan 60º-70º dari haluan semula, kemudi tengah-tengah & cikar kiri, Kecepatan sesuai kebutuhan
3.Segera setelah kapal pada haluan kebalikan dari haluan semula, stop mesin
4.Siapkan olah gerak untuk menyelamatkan korban
b.Cara Anderson Turn – One Turn
1.sebelum bergerak mesin stop dulu
2.kemudi di putar kearah korban dengan mesin kiri maju penuh (Tween propeller)
3.Jika kapal sudah berputar ± 2/3 lingkaran mesin kanan maju 2/3 penuh maka kapal akan berputar secara efektif mendekati korban
4.Jika korban berada pada arah 150di kanan haluan kedua mesin stop atur kemudi dan kecepatan kapal agar dapat berhenti tepat pada posisi yang dikehendaki
c.Cara Scharnow Turn
Misalnya Haluan kapal Utara, jika MOB disisi kanan, kemudi cikar kanan Setelah haluan berobah 240º dari haluan semula, cikar kiri. Pada saat kapal Berhenti berputar & kapal mulai berputar kekiri, lihat haluannya umpama menunjuk 270º di catat, artinya 30º Over Shoot angle. Setelah haluan berlawanan dengan haluan ± 30º = ± 210º (180º + 30º), kanan cikar saat kapal stop bergerak, lalukan olah gerak untuk menolong korban.
5. Terangkan apa yang dilakukan oleh Nakhoda, jika kapal dalam keadaan darurat berikut ini:
a.Pirates & Armed Robbers:
-Aktifkan General alarm bell
-Jika kapal dilengkapi dengan Alert Emergency System, maka nakhoda harus menekan tombolnya.
-Bersikap tenang jangan memberikan perlawanan
b.Medical Emergencies:
-Memberipertongan pertama
-Periksa keadaan pasien
Post a Comment